PayakumbuhKupaspost.com - Acara serah terima jabatan (Sertijab) Walinagari Halaban Kecamatan Lareh Sago Halaban, dari Eka Rinaldi kepada M. Fakhrurazli, Selasa (12/07/2022) dihiasi linangan dan tetesan airmata.

Linangan dan tetesan airmata tersebut tidak hanya terlihat dari staf Walinagari, kader, dan masyarakat, tapi juga dari Walinagari yang baru Fakhrurrazi. Bahkan Ipat panggilan akrab M. Fakhrurrazi sering tersendat ucapannya ketika memberikan sambutan.

Sengukan tangisan yang hadir tersebut dipicu oleh ucapan selamat berpisah dari Eka Rinaldi. “Setelah 20 tahun saya mengabdi di Nagari Halaban, dengan terpilihnya Fakhrurazi maka jabatan ini harus saya tinggalkan,” ucap Eka dengan mata berlinang dan suara serak.

Sementara M. Fakhrurazi ketika memberikan sambutannya menyatakan sangat berat dalam menjalankan amanah masyarakat ini. Tapi karena sudah berada di pundak harus dipikul. “Untuk itu dukungan dari seluruh stakeholder sangat saya harapkan. Dan yang sangat penting sekarang tidak ada lagi kita berblok-blok. Jika selama Pilwanag diantara kita ada yang terkotak-kotak ke depan kita bersatu. Bekerjasama dan sama-sama bekerja untuk kemajuan nagari dan kesejahteraan masyarakat,” ajak M.Fakhrurazi.

Selain Ketua Bamus Nagari Halaban Hamdani, Kapolsek, Anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kita Zukron, dan Camat Lareh Sago Halaban Rumellia, SS.TP, M.Si, juga memberikan sambutan Edward DF Anggota DPRD Kota Payakumbuh.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan ini menyatakan Walinagari Eka Rinaldi adalah figur yang merakyat. Walau hanya bertugas sebagai PAW dan PJ Walinagari tapi waktunya cukup lama yakni 20 tahun. Hal itu membuat Eka sangat merakyat. “Buktinya, masyarakat sangat merasa kehilangan dengan kepergian Eka Rinaldi,” ulas Edward DF.

Begitu juga M. Fakhrurazi, adalah figur yang memasyarakat. Hal itu ditandai dengan terpilihnya Ipat menggantikan Eka Rinaldi dan menyisihkan calon lainnya pada Pilwanag 25 Mei lalu. “Memasyarakatnya M. Fakhrurazi ini kita harapkan dapat dibuktikannya dalam enam tahun ke depan,” tambah Edward DF.

Di sisi lain, Edward DF yang disebut-sebut akan maju ke DPRD Provinsi Sumbar pada pileg 2024 mendatang, M Fakhrurazi dapat memaksimalkan potensi yang ada di Nagari Halaban. “Beberapa perusahaan tambang yang ada di Nagari Halaban diharapkan bisa berkolaborasi dengan Walinagari,” pungkas Edward DF

Perusahaan-perusahaan yang ada di Nagari Halaban tersebut dibuktikan dengan ada papan bunga ucapan selamat Sertijab dari PT Sumbar Calcium Pratama, PT Halaban Bumi Mineral, PT Caco Halaban Indonesia, PT Caco Baro, PT Anugrah Halaban Sepakat, CV Permata Halaban, dan CV Alkes.

Sertijab tersebut juga dihadiri Idris Walinagari Balai Panjang, Hardison Dt. Tulahir Walinagari Sitanang, Zamhar Walinagari Tanjuang Gadang, dan Asrizal Walinagari Ampalu. (Jpp)

 
Top