PayakumbuhKupaspost.com - Tim penilai lapangan lomba kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang dipimpin Asisten Pemerintahan Pemrov. Sumbar sambangi Kelurahan Balai Jariang Kecamatan Payakumbuh Timur, Rabu (14/06/2023).


Pj. Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda sangat mendukung dan mengapresiasi penyelenggaraan penilaian kelurahan tingkat Provinsi Sumatera Barat ini. Karena melalui penilaian ini, kelurahan-kelurahan akan semakin termotivasi untuk menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki serta mendapatkan masukan yang berharga untuk perkembangan dan pembenahan di masa depan.


"Dengan adanya penilaian kelurahan berprestasi ini, kita harapkan peran aparat pemerintah dalam membina dan memberdayakan masyarakat semakin meningkat. Hal ini juga mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam percepatan pembangunan," kata Pj. Wako Rida Ananda.


Kenapa Kelurahan Balai Jaring menjadi pilihan yang sangat istimewa?


Rida menyebut, ada beberapa alasan yang menjadikan Kelurahan Balai Jaring begitu unik dan menonjol:


Pertama, Kelurahan Balai Jaring memiliki swadaya dan partisipasi masyarakat yang sangat tinggi. Salah satu buktinya adalah berdirinya Mesjid Akbar yang begitu megah dengan dana swadaya lebih dari 5 miliar rupiah. Hal ini menunjukkan semangat gotong royong dan kepedulian yang kuat dalam membangun sarana ibadah yang berarti bagi seluruh warga.


Kedua, Kelurahan Balai Jaring memiliki pengelolaan air berbasis masyarakat. Terletak di Kenagarian Aia Tabik, kelurahan ini memiliki banyak sumber mata air yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan air rumah tangga warga. Selain itu, sumber air ini juga menjadi potensi wisata kolam renang Sipanjangan yang menarik. Dengan demikian, Kelurahan Balai Jaring menjaga keberlanjutan air bersih sekaligus memberikan peluang ekonomi lokal.


Ketiga, di bidang pergerakan ekonomi, Kelurahan Balai Jaring memiliki banyak usaha masyarakat seperti rakik kacang, abon pepaya, dan usaha heler. Keberadaan usaha-usaha ini tidak hanya memberikan penghidupan bagi banyak tenaga kerja lokal, tetapi juga berdampak pada pengentasan kemiskinan, pengangguran, dan peningkatan ekonomi masyarakat secara keseluruhan.


"Dengan keunggulan-keunggulan ini, Kelurahan Balai Jaring menjadi teladan dalam partisipasi masyarakat, pengelolaan sumber daya alam, serta perkembangan ekonomi yang berkelanjutan. Semoga prestasi dan potensi luar biasa dari Kelurahan Balai Jaring ini dapat menjadi nilai plus dalam penilaian ini," ucapnya.


"Harapan kita, prestasi kelurahan Balai Jaring ini dapat menginspirasi kelurahan- kelurahan lainnya untuk terus berkembang dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan daerahnya," tambahnya.


Pj. Wako mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Lurah dan Staf, LPM, alim ulama, cadiak pandai, pemuda, tokoh masyarakat, dan seluruh masyarakat kelurahan Balai Jariang atas dedikasinya untuk memajukan kelurahan ini.


"Marilah kita semua bersama-sama mendoakan semoga penilaian ini berjalan dengan lancar dan hasilnya dapat menggambarkan perkembangan nyata dari Kelurahan Balai Jaring di bandingkan kelurahan terbaik lainnya di Sumatera Barat," ujarnya. 


"Kami berharap Kelurahan Balai Jaring dapat meraih posisi terbaik 1 dalam penilaian ini, sebagai buah dari kerja keras dan dedikasi kita semua," tutupnya.


Sementara itu, Ketua tim penilai Devi Kurnia mengatakan ada tiga aspek yang akan dinilai, yaitu pemerintahan, kewilayahan dan sosial kemasyarakat. Namun yang paling penting itu bagaimana pelayanan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.


"Dari ekspos Pak Wali Kota dan Lurah tadi sangat baik. Tapi tergantung dengan kondisi di lapangan nanti. Kalau semua sesuai insyaallah jadi yang terbaik lah," ucapnya.


"Selamat berlomba semoga Kelurahan Balai Jaring ini bisa menjadi yang terbaik dan mewakili Sumbar ke tingkat regional," pungkasnya.


Setelah acara pembukaan, Pj. Wali Kota Payakumbuh didampingi ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Ny. Chece Rida Ananda dan tim penilai provinsi mengunjungi stan produk UMKM Kelurahan Balai Jaring. (Jpp)

 
Top