M. Fikar Dt. Rajo Magek, S. Ag, MM, M. Pd Ketua Masjid Al- Hijrah Delima Blok A Belimbing, saat memantau prosesi pemotongan hewan qurban. Sutan Malin Mudo



Padang (Belimbing), Kupas-news.com- Meskipun masih dihadapi persoalan pandemi Covid-19, namun rasa kebersamaan dan saling berbagi warga Delima Blok A tetap antusias dalam prosesi ibadah Qurban.

Pantauan www.kupas-news.com ke lokasi, Sabtu (01/8/2020) menampakan kaum laki-laki mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sibuk dengan aktifitas pemotongan dan pembagian daging qurban. Sementara itu, kaum ibu-ibu sibuk dengan persoalan masak memasak kebutuhan sumatera tengah. Uniknya, jadwal makan siang dilanjutkan dengan makan bersama di dapur umum tersebut.

Ketua Panitia Qurban Masjid Al-Hijrah, Agus Salim, S Sos menyebutkan, Alhamdulillah pelaksanaan Qurban Idul Adha 1441H/ Tahun 2020 M saat ini berjalan lancar, aman dan sukses, tetap manjalankan protokol kesehatan Covid-19.

" Kita juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama dari pengurus Masjid Al-Hijrah Blok A Delima Perumnas Belimbing-Kuranji terutama kepada Ketua Masjid, yaitu bapak M.Fikar Datuk Rajo Magek," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Masjid Al Hijrah  M. Fikar Dt. Rajo Magek, S. Ag, MM. M. Pd mengatakan, disaat Pandemi Covid-19, bahwasanya perekonomian warga masyarakat Kota Padang terjadi penurunan ditandai dengan menurunnya jumlah sapi kurban ataupun juga hewan kurban di Masjid Al- Hijrah. Dibandingkan dengan tahun yang lalu penurunannya tidak terlalu signifikan. Ini menandakan masyarakat warga Delima Blok A Belimbing walaupun wabah pandemi Covid-19, tetap semangat dan antusias untuk berkurban.

" Alhamdulillah, tahun ini qurban sebanyak 13 sapi. Dibandingkan tahun sebelumnya 16 sapi. Artinya, hanya kurang 3 sapi saja," ujar Datuk M. Fikar

Kami Atas nama pengurus Masjid Al- Hijrah mengucapkan terimakasih kepada warga yang telah bersedia berqurban dan juga kepada seluruh panitia yang sudah satu minggu ini berjibaku tampa kenal lelah dalam berbuat, tegasnya penuh semangat.

Di Masjid Al -Hijrah  jumlah sapi kurban saat ini sebanyak 13 ekor sapi dibandingan dengan tahun yang lalu, sebabayak 16 ekor sapi tidak jauh  kurangnya, Tentu menjadi amal ibadah bagi peserta kurban. Ini merupakan perujutan kerjasama, dukungan serta bantuan kepedulian kepada masyarakat yang membutuhkan daging hewan kurban, terutama bagi warga yang terdampak Covid-19 ini, pungkas M. Fikar Dt. Rajo Magek lagi.

M. Fikar Dt. Rajo Magek berharap kepada Panitia kurban Mesjid Al- Hijrah untuk mendistrbusikan daging kurban kemasyarakat langsung diantarkan khusus bagi masyarakat miskin dan tidak mendapatkan kupon. Yakinkan bahwasanya masyarakat sudah didata dan punya kupon kurban.


Ia menambahkan, selama prosesi ibadah Idul Adha, baik paksanaan solat Ied sampai pembagian daging qurban, baik pengurus maupun panitia dan warga memakai masker. Kemudian, disediakan sabun serta air cuci tangan. Selanjutnya, juga di bagi ruangan khusus untuk mengguliti daging qurban dan rungan untuk pembagian dagingnya

" Tujuanya supaya tidak terjadi keramaian di sekitar Mesjid ataupun juga penumpukan orang dalam jumlah banyak, supaya menghindari terjadinya cluster baru Covid-19," pintanya. (hr1)
 
Top