Gurbernur Sumbar Prof. H. Irwan Prayitno, didampingi Kadisnakeswan Sumbar Drh. Erinaldi, MM dan Kanwil Kemenag Sumbar H. Hendri saat menyerahkan sapi Qurban Preaiden RI Ir. Joko Widodo kepada pengurus Masjid Raya. Sutan Malin Mudo



Padang, Kupas-news.com- Hari Raya Idul Adha identik dengan hari raya Haji atau Hari Raya Qurban. Tahun 2020 yang ke enam kalinya Presiden RI melaksanakan qurban di Provinsi Sumatera Barat. Prosesi qurban melalui Kanwil Kemenag dan diaerahkan sepenuhnya kepada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Sumbar, yang di selenggarakan di Halaman Parkiran Masjid Raya Sumbar, Sabtu (1/8/2020).

Saat penyerahan Sapi Qurban Presiden RI seberat 1,2 Ton oleh Gubernur Sumbar Prof. Irwan Prayitno kepada pengurus Masjid Raya, yang di dampingi oleh Kepala Disnakeswan Drh. Erinaldi, MM, Sekreraris Drh, M. Kamil, MP dan Kakanwil Kemenag Sumbar H. Hendri serta Sekretaris Daerah.

Dalam sambutannya, Prof. Irwan Prayitno mengatakan, kita pemerintahan Sumbar mengucapkan terima kasih kepada pihak istana kepresidenan melalui dirjen peternakan dan kesehatan hewan. Kembali menunjuk Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Sumbar sebagai pelaksaan tugas hewan qurban Presiden RI di wiliyah Sumatera Barat. Yang telah sukses memilih hewan qurban sesuai dengan apa yang diharapkan Presiden.

" Ini yang ke 6 kalinya propinsi Sumbar mendapatkan kepercayaan dan menerima bantuan sapi qurban Presiden RI tahun 2020. Tentunya harapan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat kita," pungkas Gubernur Irwan Prayitno.

Gurbernur melanjutkan, pada umumnya, hewan qurban Presiden itu ternak yang terbaik dari propinsi setempat. Alhamdulillah,  secara teknispun pihak Disnakkeswan sudah melakukan beberpa tahapan penyeleksian dan hunting sapi qurban tersebut. Maka, didapatkan sapi qurban sesuai kriteria.

Sapi Limosin " Si Adang" milik warga Solok Kota yang di pilih oleh Disnakeswan Sumbar, telah melalui seleksi dan ferifikasi yang ketat. Sapi berbobot 1,2 ton tersebut dibagikan kepada warga kota Padang.

Terakhir, Gubernur menghimbau selama pelaksanaan penyemblihan dan pembagian daging qurban diminta baik petugas maupun masyarakat tetap mematuhi aturan protokol kesehatan Covid-19, memakai masker, menjaga jarak agar tidak timbulnya claster baru, Pinta Prof. Irwan Prayitno. 

Ini merupakan komitmen Presiden RI Ir. Joko Widodo bahwa setiap tahun melakukan qurban atas nama ke presidenan di 34 propinsi se Indonesia. (hr1)
 
Top