Kadin Kota Padang di kukuhkan, Irfan Amran, SE beserta jajarannya di lantik oleh Ketua Kadin Sumbar H. Ramal Saleh. Sutan Malin Mudo


Padang, Kupas-news.com- Sempat tertunda pelantikan kepengurusan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Padang akibat dampak pandemi Covid-19 melanda Kota Padang, Sumatera Barat. Tepatnya, Jum'at (27/11/2020) Ketua Kadin Sumatera Barat H. Ramal Saleh melantik ketua Kadin kota Padang masa kerja 2019-2024 di Kriyad Bumiminang Hotel.

Dalam sambutannya, H. Ramal Saleh mengatakan,  saat ini Kadin Padang diisi dan dipimpin oleh the second generation, artinya mereka rata-rata umur 40tahunan. Tentunya kedepan bisa membawa pergerkan dan percepatan pertumbuhan perekonomian dan khususnya UMKM yang ada di Kota Padang.

" Irfan Amran adalah sosok anak muda kreatif, inovatif dan memiliki network yang luas. Oleh karena itu, dengan adanya amanah ini diharapkan kedepannya Kadin lebih bisa menjalani fungsinya lebih baik dari senior-senior yang terdahulu," pungkas Ramal Saleh.

Selain itu, harapan kita semua Kadin harus mampu bersinergi dengan pemko, bisa merangkul semua stakeholder yang ada terutama pihak perbankan agar kedepan pelaku usaha mikro dan UMKM bisa lebih tumbuh berkembang secara pesat. Dengan tumbuh ekonomi masyarakat, tentu kesejahteraan dan tujuan serta visi misi Kadin bisa terwujud, ujar Ramal Saleh putra Piaman ini.

Sementara itu, Walikota Padang yang diwakili oleh Kadis Koperindag Andre Algamar, berharap nantinya Kadin kota Padang bisa membantu dan berperan untuk menyosong kemajuan ekonomi baik pemberdayaan ekonomi kreatif dan sektor sektor lainya.

Dengan demikian kembalinya spirit ekonomi ini akan memberikan semangat baru bagi masyarakat khususnya kota Padang, terutama dimasa dan pasca pandemi Covid-19 ini. Tentunya, dengan banyaknya generasi muda tergabung dalam kepengurusan, kami yakin Kadin Padang mampu untuk itu, ujar Magister Pertahanan ini.

Sementara itu, Ketua terpilih Irfan Amran, SE mengatakan ada hal pokok yang memang menjadi bagian penting dari Kadin untuk berbuat mendorong dan mengawal pemerintah dalam memajukan ekonomi masyarakat. Misalnya ekonomi pertanian, pariwisata, peternakan dan lainnya.

" Dimasa dan pasca pandemi masyarakat kehidupannya semakin sulit maka dari itu kehadiran Kadin kota Padang hari ini menjadi tumpuan bagi masyarakat dan pemerintah dalam memacu ekonomi masyarakat kedepannya," sambungnya sembari diamini oleh hadirin.

Lebih jauh dibeberkan oleh Irfan Amran, Kota Padang adalah transitnya dari Provinsi Sumbar maka perusahan, investor datang kesini  untuk memberikan dampak ekonomi secara vertikal maupun horizontal. 

Tentunya disini Kadin dan pemerintah harus saling berkolaborasi karena kondisi yang strategis ini harus memanfaatkan situasi ini, ulas Irfan.

" Momen yang baik ini bisa di ambil seperti kepariwisataan, kuliner, pengelolaan objek wisata pantai, umpamanya seperti danau cimpago, pantai air manis. Sebagai ikon kota maka disini pemanfaatan sarana  pengelolaan secara profosional dan berlanjut maka secara perlahan akan ada geliat ekonomi masyarakat dalam sektor pariwisata dan UMKM," pungkas adik kandung Wako Padang Panjang ini.

Dilain kesempatan, Irawati Mureksa Wakil Ketua Bidang UMKM yang juga Anggota DPRD Kota Padang mengatakan, pandemi covid-19 harus kita lawan bersama, kita tidak boleh lemah, masyarakat harus bangkit agar ekonomi terus bergerak.

" Sesuai dengan background sebagai seorang pelaku usaha, maka tidak ada kata lain UMKM harus bangkit, ekonomi harus tumbuh demi keberlangsungan hidup," ujar Irawati penuh semangat. (hr1)



 
Top