Dr. Riki Saputra, MA Rektor UMSB fokus memajukan dunia pendidikan di Sumatera Barat, khususnya di lingkungan UMSB. Sutan Malin Mudo


Bukittinggi, Kupas-news.com- Puncak peringatan Milad Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) yang ke-65 tahun dipusatkan di Convention Hall Kampus III UMSB Bukittinggi, Rabu (18/11/2020).

Pembukaan dihadiri oleh rektor UMSB, Badan Pembina Harian UMSB (BPH), Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, civitas akademika UMSB dan Gubernur Sumatera Barat yang dilaksanakan baik secara daring maupun luring. 

Dalam perayaan milad kali ini diagendakan pada tiga inti acara, yakni peresmian convention hall, penandatangan MoU dengan beberapa media baik cetak maupun elektronik dan dengan pemerintahan.

Selanjutnya, pemberian award terhadap pemenang lomba yang diadakan sebelum milad dan pemberian award terhadap segenap civitas akademika UMSB.

Acara milad ini dilakukan secara daring dan luring, mengingat virus Covid-19 yang masih melanda ranag minang ini. 

Dalam sambutannya baik BPH, PWM maupun Gubernur Sumatera Barat mengapresiasi geliat UMSB selama lebih kurang 65 tahun ini UMSB mampu memberikan warna tersendiri dalam rangka pembangunan dan pengembangan dunia pendidikan di Sumatera Barat. 

Dalam kegiatan seremonial milad tersebut, Rektor UMSB Dr. Riki Saputra,MA  menilai, UMSB saat ini tidak lagi muda, karena usia 65 tahun, ukurannya sudah matang. 

Menurutnya, UMSB terus berbenah, terus melakukan upaya pengembangan, serta terus berkontribusi memajukan konsep pendidikan di Indonesia pada umumnya dan di Sumatera Barat pada khususnya.

"Secara usia, sudah matang. Ini harus berbanding lurus dengan program-program berkualitas. Ada yang bersifat aplikatif untuk diimplementasikan ke masyarakat, salah satu konkretnya dengan konsep menteri pendidikan, kampus merdeka, merdeka belajar, harus melibatkan banyak dunia usaha dan industri," ulas Riki Saputra. 

Riki Saputra melanjutkan, UMSB juga bertekad menjadi rumah peradaban yang selalu menggandeng stakeholder serta institusi, dan tak ingin hanya berkutat di dunia internal saja, tegas Rektor termuda ini.

"Kalau hanya terjebak pada normatif, dan pengajaran dalam lokal, maka itu hakekatnya baru 50 persen dikatakan Perguruan Tinggi itu mencetak generasi yang terbaik," jelasnya.

Masih disampaikan Riki, pengembangan UMSB terus diupayakan agar dapat menjadi rumah peradaban pendidikan yang bermutu, karenanya UMSB berkomitmen untuk menjadikan seluruh prodi yang ada berakreditasi “A” dan berupaya menyebarluaskan UMSB ke berbagai daerah  dan target dalam jangka waktu dekat adalah pembangunan gedung UMSB di Kabupaten Pasaman.

Pada acara Milad juga dilakukan peresmian convention hall di kampus III Bukittinggi dengan nama salah seorang Pimpinan Pusat Muhammadiyah yakni Yunahar Ilyas (alm).

Peresmian convention hall ini dihadiri juga oleh keluarga dari Bapak Yunahar Ilyas tersebut. 

Selain itu, UMSB juga melakukan MoU antara pihak UMSB dengan pihak media baik media cetak, elektronik, maupun media online.

Dikatakan Riki, karena peran media pada saat ini sangat besar di tengah arus komunikasi selama masa pandemi ini dan media menjadi salah satu pilar pengembangan informasi dan sosialisasi Perguruan Tinggi kepada masyarakat, imbuhnya.

Menurut Rektor UMSB Riki Saputra, UMSB selalu berpartner dengan media, baik media cetak, elektronik maupun online. 

Dengan MoU ini diharapkan semakin mempererat silaturahim antara UMSB dengan media, pinta Doktor Filsafat ini.

"Dalam waktu dekat kami akan FGD-kan SDM UPT Humas UMSB . Saya sudah bicara dengan Wakil Rektor III dan minta agar kawan-kawan media yang berpartner selama ini menjadi narasumber, yang fungsinya membina dan membimbing. Selama ini media lebih tahu kondisi UMSB sehingga bisa jadi nyambung," harap Riki Saputra.

Selain dengan media, UMSB melalui Fakultas Kesehatan, Fakultas Pariwisata, dan Fakultas Teknik juga menandatangi beberapa MoU maupun MoA dengan Rumah sakit di Kota Buakittinggi dan beberapa Dinas di Sumatera Barat. 

" Wujud MoU maupun MoA ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk pengembangan caturdharma perguruan tinggi dimana salah satunya adalah adanya pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh UMSB," ujarnya.

Milad UMSB ke 65 di akhiri dengan pengumuman pemenang lomba yang dilaksanakan dalam rangka Milad ini, yakni lomba video kreatifitas mahasiswa, lomba Essay timgkat SLTA se derajat, dan lomba Poster pencegahan covid 19 tingkat SLTA Se- Sumatera Barat.

Selain untuk pengenalan UMSB ke masyarakat, lomba ini juga bertujuan untuk memacu kreativitas mahasiswa dan para siswa di Sumatera Barat di tengah masa pandemi yang dialami pada saat sekarang ini.

" UMSB selalu berkomitmen memberikan reward dan award untuk pemenang lomba, juga dilaksanakan penyerahan award terhadap civitas akademika UMSB yang dinilai mempunyai kinerja dan kontribusi yang bagus untuk kemajuan UMSB," ulas Riki lagi.

Pemilihan ini dilakukan secara online dengan cara voting untuk pemilihan dosen berprestasi, karyawan terfavorit pada masing-masing Fakultas dan juga mahasiswa berprestasi di UMSB. 

"Diharapkan dengan adanya award ini para civitas akademika dapat termotivasi untuk mengambangkan diri menjadi lebih baik dan lebih baik lagi untuk kemajuan serta memajukan kampus juga dunia pendidikan," harap Riki. (hr1)


 
Top