Wakil Rektor I, Dr. Wedy Nasrul, M.Si (Kiri) bereama Ketua LP3M UMSB, Dedi Satria, Ph.D (Kanan). Sutan Malin Mudo


Sumbar, Kupas-news.com- Dalam rangka peningkatan akreditasi baik Program Studi maupun Perguruan Tinggi. Maka dari itu,  Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjamin Mutu (LP3M) Universitas Muhamamdiyah Sumatera Barat adakan sosialisasi Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) 4.0 atau era global dan digitalisasi. Senin, (07/12/2020).


Untuk itu, Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjamin Mutu (LP3M) Universitas Muhamamdiyah Sumatera Barat meng adakan sosialisasi SPMI 4.0 yang bertemakan “penguatan SPMI Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi". Acara berlangsung di Convention Hall UMSB pada pukul 08.00 sampai pukul15.30 WIB.


Acara serupa juga akan diadakan di kampus 3 UMSB di Bukittinggi. Soasialisasi di KAMPUS 1 UMSB ini dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Direktur PPs, Ketua Prodi, Ketua Lembaga, Auditor Mutu Internal, Ketua Gugus Kendali Mutu (GKM), dan Ketua Unit Kendali Mutu (UKM), serta seluruh civitas akademika di lingkungan UMSB sekaligus penandatanganan Deklarasi Mutu secara serentak.


Sosialisasi ini menyuguhkan 3 orang nara sumber. Wakil Rektor I UMSB Dr. Wedy Nasrul yang memberikan arahan dan pembukaan pada sosialisasi LP3M kali ini. 


Selain itu, juga ada narasumber Bapak Dedi Satria. Ph.D sebagai Ketua LP3M UMSB, yang menyampaikan tentang kebijakan dan manual mutu.


Kemudian Narasumber Kedua adalah Bapak Dr. Zulmardi, M.Si merupakan Ketua LP3M UMSB Periode 2015-2018, yang  menyampaikan tentang standar mutu, dan Narasumber ketiga Bapak Romi Saputra, M.A yang merupakan ketua LP3M UMSB Periode 2018-2020 yang menyampaikan tentang Evaluasi Hasil AMI Tahun 2020.


Dalam sambutannya, Ketua LP3M Bapak Dedi Satria, mengatakan sosialisasi ini adalah bentuk langkah yang diambil untuk menyiapkan akreditasi ke depan dimana sesuai dengan peraturan pemerintah bahwa kedepan untuk akreditasi tidak lagi dipakai standar 7 yang biasa dilakukan beberapa tahun belakangan.


" Sekarang sudah dilakukan pembaharuan dengan standar 9 yang lebih kompleks dari sebelumnya," terang Dedi Satria.


Dedi Satria melanjutkan, harapan terbesar dari LP3M adalah bahwa sosialisasi ini dapat berlanjut ke tingkat fakultas melalui perpanjangan tangan Bapak/Ibuk yang hadir.


" Kedepan ada rapat tinjauan manajemen terhadap persiapan akreditasi yang dilakukan dan disosialisasikan, semoga ini langkah awal menuju kampus UMSB Lebih baik, maju, berkembang menuju era digitalisasi 4.0," pintanya.


Acara dibuka oleh Wakil Rektor I UMSB Dr. Wedy Nasrul, M. Si, ia juga mengatakan tertumpang harapan yang besar kepada LP3M agar kedepan mutu UMSB dapat menjadi lebih baik. 


" Karena salah satu tolak ukur mengenai berkembang atau tidak nya Fakultas, perguruan tinggi atau Universitas adalah melalui LP3M yang bersinergi dan berkolaburasi bersama seluruh civitas akademika, dengan penguatan systen SPMI ini," pungkas Wedy. (hr1)

 
Top