Tim penilai Propinsi mendatangi Komplek Delima Blok A Belimbing, Kuranji dalam rangka penilaian Kampung Tageh tingkat Propinsi. Sutan Malin Mudo


Sumbar, Kupaspost.com- Masuknya Komplek Delima Blok A, Belimbing Juara I tingkat Kota Padang dan berhak mewakili melaju tingkat Propinsi. Senin (18/1/2021) di kunjungi tim penilai dari Mapolda Sumbar, untuk meninjau langsung ke lokasi melihat langsung nominasi penilaian tersebut.


Turut hadir Wawako Padang Hendri Septa , Kasat Binmas Polresta Darto, Ketua MPA KAN Kuranji Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM, Camat Kuranji Eka Putra Buhari, FKAN Pauh IX, Ketua KAN Suardi Rajo Bujang, Kapolsek Kuranji Sutrisman, Lurah Kuranji Kasma Efendi, Ketua BMPN Pauh IX M. Fikar Dt. Rajo Magek, S. Ag, MM, M. Pd yang juga Ketua Pembina Kampung Taheh dan tokoh-tokoh masyarakat lainnya.


Dalam sambutannya, Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM yang juga Pelindung Kampung Tageh mengatakan, peristiwa Covid-19 satu  tahun belakangan ini melumpuhkan segala aspek kehidupan kita, baik dari segi sosial masyarakat, ekonomi, aspek religi bahkan aspek kesehatan. 


" Maka, dengan adanya Kampung Tageh ini sebuah langkah yang tepat dalam upaya pemberdayaan masyarakat secara keseluruhan dalam rangka menciptakan dan meng-aplikasikan sumber potensi lokal yang ada pada sebuah nagari," pungkas Dt. Irwan Basir yang juga Ketua MPA KAN Pauh IX.


Kita tahu, lanjutnya, Kuranji merupakan daerah yang masih banyak sektor pertaniannya, perikanan, peternakan ini tentunya bisa membungkus ketersediaan pangan. Meskipun masyarakat kita heterogen, namun mereka dibingkai dalam satu kesatuan saling bekerjasama sehingga mampu mengatasi dan menanggulangi masyarakat yang terdampak Covid-19.


Datuk Irwan Basir menambahkan, semasa pandemi ini mereka badoncek untuk membantu bahkan ada panggilan jiwa memberikan bantuan beras hampir 20 ton, sembako dan masker. Artinya, rasa kepedulian yang tinggi berkontribusi dari potensi kearifan lokal untuk saling berbagi.


" Bagusnya, disini ada Kampung Logistik siaga bencana, budi daya ikan, peternakan sapi dan lainnya. Ini bisa dijual dengan harga terjangkau. Disamping itu, ketahanan panganpun bisa terwujud," pungkas Datuk IB sapaan akrabnya.


Oleh karena itu, penilaian kampung tageh ini dan Komplek Delima Belimbing-Kuranji mewakili Kota Padang, kita berharap dengan tageh ekonomi, tageh informasi, tageh kesehatan dan tageh segi keamanan benar-benar terwujud. Kita berharap, semoga menjadi juara satu tingkat propinsi, pinta Datuk IB 


Disampaikan Ketua BMPN Pauh IX Kuranji M. Fikar Dt. Rajo Magek, S. Ag, MM, M. Pd, rasa haru dan bangga atas Kecamatan Kuranji, Komplek Delima Blok A- Belimbing bisa mewakili Kota Padang mengikuti lomba Kampung tageh ini. 


" Perjuangan ini murni dari swadaya masyarakat sekitar. Mereka saling bekerjasama Saciok Bak Ayam, Sadanciang Bak Basi dalam bekerja dan melewati pandemi Covid-19 ini," pungkas Dt. M. Fikar yang juga Pembina Kampung Tageh dengan wajah semangat.

Ketua BMPN Pauh IX ini melanjutkan, kita optimis mampu mewujudkn Nagari Tageh, baik tageh dibidang Ekonomi, Keamanan, Kesehatan, Informasi dan lainnya, Sehingga Tim Penilai Tingkat Propinsi Sumbar, dari Polda Sumbar, memberikan Apresiasi yg hebat untuk masyarakat Blok A atas kebersamaannya, urainya.


" InsyaAllah kita juga optimis bisa meraih peringakat I tingkat Sumbar. Tentu nantinya jika Allah Ridho, maka kemenangan ini juga menjaga nama baik Kota Padang tingkat Propinsi bahkan Nasional," imbuh Ketua PSTI Kota Padang ini sembari diamini oleh seluruh masyarakat Kuranji yang hadir. (Hr1)



 
Top