Rektor UMSB Dr. Riki Saputra, MA mengunjungi wwestafel portabel tanpa sentu hasil karya mahasiswa teknik. Riki berharap, kelak hasil karya mahasiswanya ini dijual dipasaran. Sutan Malin Mudo



Bukittinggi, Kupaspost.com- Rektor UMSB Dr. Riki Saputra, MA bersama Wakil Dekan Fakultas Teknik UMSB Hariyadi, M.Kom dan Ka.Prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik UMSB Mahyesi Kamil, M.T meninjau Wastafel Portabel Tanpa Sentuhan karya mahasiswa Fakultas Teknik Roni Efendi dengan menggunakan dua sensor.


Uniknya, alat ini buat dan bisa dipergunakan tanpa disentuh, hanya dengan sensor ia bisa berfungsi. Kedua sensor tersebut untuk mengeluarkan Air Sabun untuk Membersihkan dan Sensor untuk Mengeluarkan Air Pembersih pada Senin, Januari 2021 ke Ruangan BEM Fakultas Teknik UMSB Kampus III Bukittinggi.


Roni Efendi mahasiswa Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) berhasil menciptakan wastafel portabel tanpa sentuhan untuk mengurangi penyebaran Covid-19. 


Inovasi ini berangkat dari keresahannya terhadap penyebaran virus corona di Sumatera Barat khususnya di lingkungan kampus dan ini merupakan alat kedua yang dibuat untuk melengkapi penyempurnaan alat Sebelumnya, pungkas Roni.


Sementara itu, Rektor UMSB Dr. Riki Saputra, MA berharap Roni Efendi beserta Dosen Pembimbing dari Teknik Elektro terus berinovasi agar nantinya tercipta alat yang berkualitas dan mempunyai nilai Jual.


" Kedepannya diharapkan dapat menciptakan wastafel portabel tanpa sentuhan dengan menggunakan hand sanitizer, insyaAllah akan diproduksi 2 (dua) buah untuk ditempatkan di Convention Hall  padang dan Convention Hall Yunahar Ilyas di bukittinggi," pinta Dr. Riki


Kelebihan wastafel ini menggunakan sensor otomatis dalam penggunaan keran airnya, Ketika ada tangan yang menghampiri keran wastafel, keran tersebut akan secara otomatis mengeluarkan air. Sebaliknya, saat tangan menjauh dari keran tersebut maka otomatis keran air mati. “Ini berfungsi dengan baik dan siap untuk didistribusikan,” tambah Roni dan didampingi Dosen pembimbing Hariyadi, S.Kom, M.Kom


Hal senada disampaikan Hariyadi, M. Kom yang juga selaku Wakil Dekan Fakultas Teknik UMSB menyampaikan “Tempat mencuci tangan itu dirancang otomatis mengeluarkan air tanpa harus menyentuhnya dan wastafel otomatis merupakan wastafel portabel yang dapat dirakit dan mudah untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya. Dibuat dengan rangkaian elektrik sederhana menggunakan sensor HC-SR04,” paparnya. (hr1/rel)

 
Top