"Rezka Oktoberia: Kebudayaan Minang Sangat Sejalan Dengan Nilai-Nilai Pancasila" 

Payakumbuh - Kupaspost.com - Mengamalkan Pancasila dan berpegang teguh terhadap 4 Pilar Kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika adalah bagian dari cara masyarakat Indonesia dalam hidup berbangsa dan bernegara. Menurut salah satu anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) dari Fraksi Partai Demokrat, Rezka Oktoberia, tidak ada pertentangan antara kebudayaan di Indonesia dengan nilai-nilai Pancasila atau yang sering disebut sebagai falsafah negara. 


“Konsepsi 4 Pilar Kebangsaan sudah sangat melengkapi sebagai bahan dan acuan kita dalam hidup berbangsa dan bernegara. Maka, tidak pernah ada pertentangan antara Pancasila dengan Budaya Lokal, apalagi budaya Minang,” ujar Rezka saat hadir sebagai Narasumber utama sosialisasi 4 pilar kebangsaan pada hari Minggu (7/2/2021). 


Bertempat di Kota Payakumbuh, agenda utama sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini dimanfaatkan Rezka untuk terus menggelorakan nilai-nilai Keindonesiaan kepada Masyarakat di Sumatera Barat, khususnya yang ada di Dapil Sumbar 2. Menurut Wakil Ketua Umum DPP KNPI dan juga Ketua DPW Srikandi Pemuda Pancasila Provinsi Sumbar ini, kebudayaan Minang sangat sejalan dengan nilai-nilai Pancasila. 


“Sejarah bangsa Indonesia tidak bisa dilepaskan dengan orang-orang Minang. Maka dari itu, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila juga sejalan dengan nilai-nilai kebudayaan Minang, ujar Rezka di sela-sela acara sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan tersebut. 


Selain itu, rezka menuturkan sebagai pengawal ideologi Pancasila, MPR merupakan lembaga yang akan selalu menjaga kelestarian Pancasila. Selain itu, MPR juga mengemban tugas memasyarakatkan nilai-nilai Pancasila sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD.


“Sebagai falsafah atau pedoman hidup masyarakat Indonesia, Pancasila adalah kunci dari keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam menyatukan berbagai macam jenis suku, etnis dan budaya. Maka, tak henti-hentinya saya mengajak kepada seluruh masyarakat Sumbar, khususnya masyarakat di dapil saya untuk terus menjaga keutuhan, persatuan dan kesatuan negara kita dengan berpegang teguh terhadap nilai-nilai Pancasila," kata Rezka. 


Sebagai informasi, acara ini adalah bagian dari sosialisasi 4 pilar kebangsaan yang dilakukan oleh salah satu anggota MPR RI, Rezka Oktoberia yang berasal dari Dapil Sumbar 2. Acara ini juga menerapkan prosedur kesehatan yang ketat dengan membatasi jumlah peserta, mengatur jarak, mengecek suhu dan memberikan hand sanitizer selama acara berlangsung.(JPP)

 
Top