Pipa PDAM Bocor Di jalan Kelurahan Bulakan Balai Kandi

Payakumbuh, Kupaspost.com - Jalan di RT 03 RW 01 kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat sudah berlobang akibat pipa PDAM bocor yang tak kunjung diperbaiki, diduga pipa PDAM sudah rapuh. Melihat kenyataan ini, salah seorang masyarakat setempat Rini (43) merasa prihatin, karena apabila tidak diperbaiki dengan segera, lobang jalan akan bertambah besar, apalagi jalan itu terus berlinang air PDAM belakangan ini. Selain akan membahayakan pengguna jalan juga akan mengundang maut karena daerah setempat juga ramai anak-anak.


Menurut Rini kepada media ini, Sabtu (22/5) di Payakumbuh, sebelumnya sekitaran jalan itu hanya licin akibat kebocoran pipa PDAM, karena tak kunjung diperbaiki, air menggenangi jalan aspal dan mengakibatkan jalan berlobang sehingga lobang tersebut membuat pengguna jalan sering tergelincir.


“Dikhawatirkan mengundang maut saat pengguna jalan tergelincir dan menabrak anak-anak sekitarnya. Kini sekeliling jalan itu terpaksa di himpit/ dikasih tanggul dengan kayu balok untuk mengingatkan pengguna jalan agar tak kebut-kebutan dan berhati-hati memakai jalan. Ini juga bertujuan supaya pengguna jalan yang lewat mengetahui dengan jelas ada lobang, sehingga masyarakat tak terperosok tergelincir oleh lobang yang akan menimbulkan korban,” katanya.


Dijelaskan Rini, masyarakat setempat sudah melaporkan sekaligus memohon untuk memperbaiki kerusakan pipa PDAM dan jalan yang berlobang itu ke petugas PDAM yang door to door check kilometer pengguna air PDAM. Mudah-mudahan pihak terkait cepat menanggapinya, karena menyangkut keselamatan masyarakat.


“Jangan tunggu korban berjatuhan terlebih dulu, baru lobang jalan diperbaiki, karena kita tidak ingin masyarakat sekitar dan pengguna jalan terperosok dan tergelincir akibat lobang jalan tersebut, ditambah lagi malam hari sekitaran lokasi itu sedikit remang-remang,” harapnya. 


Terpisah Kepala Dinas PUPR kota Payakumbuh, Muslim via Whatsappnya, mengucapkan terimakasih atas informasinya, biar kita laporkan segera ke PDAM. 


Sementara itu Dirut PDAM kota Payakumbuh Khairul Ikhwan kepada media ini, mengucapkan terimakasih atas infonya, terkait pipa PDAM yang bocor itu pihaknya akan segera melakukan check dan perbaikan tentunya.(JPP)

 
Top