Fraksi Demokrat DPRD Padang, sayangkan pernyataan Mastilizal Aye dimedia terkait persoalan Ketua DPC Demokrat. Merunut dari pada itu, fraksi Demkorat meminta Mastilizal Aye menarik ucapannya dan meminta maaf. @rie Sutan Malin Mudo


Padang, Kupaspost.com - Anggota Fraksi Demokrat DPRD Kota Padang melalui Ketua Fraksi Surya Jufri Bitel menyayangkan pernyataan Ketua Badan Kehormatan (BK), Mastilizal Aye perihal khawatir Ilham Maulana bakal dijemput paksa apabila mangkir dari panggilan polisi. 

Tidak hanya menyayangkan, Fraksi Demokrat tegaskan dan meminta Mastizal Aye mencabut pernyataan yang sudah tersebar di berbagai media massa belakangan ini perihal berita tersebut. Kami menilai statemen yang disampaikan akan menjadi preseden masyarakat terhadap lembag dewan maupun partai Demokrat, ujar Ketua Fraksi Demokrat ini.

"Kami dari Fraksi Demokrat meminta kepada Mastilizal Aye mencabut pernyataannya yang sudah beredar di media massa, kapan perlu mesti meminta maaf," kata Ketua Fraksi Demokrat, Surya Jufri yang dihubungi via WA, Rabu (23/6/2021).

Surya Jufri memahami, pernyataan politisi Gerindra ini didasari atas belum diterimanya informasi bahwa Wakil Ketua DPRD Padang. Padahal, sebelumnya Ilham Maulana sudah memenuhi undangan dan sudah diperiksa pihak kepolisian terkait dugaan pemotongan dana pokir bansos tahun anggaran 2020.

Kendati memahami pernyataan Mastilizal, namun Surya Jufri mengingatkan agar pejabat publik jangan memberikan komentar atau statemen yang kebenaran informasinya belum valid. Sebab, lanjutnya sebagai pejabat publik setiap ucapan akan dipercaya masyarakat.

"Saya harap sebelum menyampaikan sesuatu ke pers atau ke publik. Hendaknya pejabat publik harus mengetahui keabsahan informasinya terlebih dahulu, terutama kepada yang bersangkutan," terang Surya Jufri.

Terpisah, anggota Fraksi Demokrat Mukhlis juga menyesalkan sikap Mastilizal Aye yang seolah membuat pernyataan blunder di media massa. 

Menurutnya, pernyataan tersebut berakibat harmonisasi sesama anggota dewan sedikit terganggu. Nah, untuk itu, senada dengan Surya Jufri, Mukhlis meminta supaya Mastilizal menarik kembali ucapannya.

"Dengan segala rasa hormat, saya meminta kepada Mastilizal menarik kembali statemennya," tegas Mukhlis.

Sebelumnya diberitakan, politisi Gerindra Mastilizal Aye, Senin (21/6/2021), mengeluarkan pernyataan khawatir Ilham Maulana bakal dijemput paksa di bandara apabila mangkir memenuhi panggilan penyidik. 

Pernyataan tersebut disampaikan Mastilizal menjawab pertanyaan pers terkait kasus yang menyeret Ilham Maulana. Padahal, tiga hari sebelum pernyataan itu keluar, Ilham sudah mendatangi Polresta Padang. (obr/hr1)

 
Top