Pemain anadalan Timnas Indonesia Irfan Jaya melakukan selebrasi usai menbobol gawang Malaysia pada gol ke duanya. Ist


Singapura, Kupaspost.com- Kepakan sayap dan cakaran Garuda muda Timnas Indonesia mampu membuat cakraman Harimau Malaya seolah-olah tak berkuku. Ya, timnas Indonesia melakukan pembalasan sempurna kepada timnas Malaysia atas rapor buruk di Piala AFF 2012 tahun silam. 

Pada pertandingan lanjutan, timnas mencabik-cabik Harimau Malaya menang telak dengan skor 4-1 pada laga terakhir Grup B Piala AFF 2021.

Indonesia memastikan langkah ke babak semifinal Piala AFF 2021 dengan kemenangan meyakinkan 4-1 atas Malaysia di Stadion Nasional Singapura, Minggu (19/12/2021) malam. Sekaligus, mematahkan image stigma musuh babuyutan selama ini.

Laga tersebut krusial, karena menentukan nasib Indonesia dan Malaysia di Piala AFF tahun ini. Indonesia hanya membutuhkan hasil imbang, sedangkan Malaysia perlu menang untuk ke semifinal.

Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan menunjukkan penampilan impresif dan agresif pada pertandingan yang penuh gengsi bagi dua negara serumpun tersebut.

Setelah tertinggal lewat gol Kogileswaran Raj pada menit ke-13, Timnas Indonesia tetap bisa bermain dengan fokus dan tampil sesuai arahan Shin Tae Yong.

Irfan Jaya yang andil dalam gol Malaysia, menebus kesalahan dengan mencetak gol penyeimbang pada menit ke-36. Irfan kembali membobol gawang lawan guna membawa Tim Merah Putih berbalik unggul 2-1 pada menit ke-43.

Irfan Jaya seolah menjadi pahlawan timnas Indonesia di laga pamungkas Indonesia vs Malaysia. Saat pertandingan, Irfan Jaya hampir saja mencatat rekord terbaikanya Hattrick. Namun, sayang sepakan bola cantik dimulut gawang Malaysia yang hanya head to head dengan penjaga gawang Malaysia, sepakan Irfan Jaya melenceng tipis di sisi pojok kanan mistar gawang Malaysia.

Namun, pada awal babak kedua, giliran Pratama Arhan mengantar Indonesia menjauh dari Malaysia di menit ke-50 lewat gol fantastis.

Poin penuh Indonesia atas Malaysia ditutup dengan gol sundulan Elkan Baggott pada menit ke-82 usai memanfaatkan sepak pojok Evan Dimas.

Kemenangan itu tidak saja mengantar Indonesia ke semifinal, tetapi menuntaskan dendam pada peristiwa sembilan tahun silam saat Skuad Garuda disingkirkan Malaysia di Piala AFF 2012.

Pada Piala AFF 2012, Indonesia juga melakoni duel pemungkas di babak grup melawan Malaysia. Sebelum laga penentuan itu, Indonesia di atas Malaysia di Grup B dengan keunggulan satu angka.

Eforia pemain timnas melakukan luapan kegembiraan usai tundukkan gol ke empat dari Elkan Balkoot di gawang Malaysia.

Lewat keunggulan satu poin, Indonesia hanya membutuhkan hasil imbang saat jumpa Malaysia. Akan tetapi, pada laga penentuan itu Indonesia rontok di tangan Harimau Malaya yang dilatih K. Rajagobal.

Indonesia angkat koper lebih awal setelah terhenti di babak grup usai kalah 0-2 dari Malaysia. Gol Azamuddin Bin Mohd Akil pada menit ke-27 dan gol Mahalli bin Jasuli (29') membuat Andik Vermansah dan kawan-kawan gagal ke semifinal.

Dengan hasil positif di Stadion Nasional itu, kini Indonesia unggul dalam rapor pertemuan melawan Malaysia di Piala AFF dengan tiga kemenangan dalam lima pertemuan. Meski demikian Indonesia masih berutang satu pembalasan dengan Malaysia saat kalah pada final Piala AFF2010. 

Dikutip dari CCN Indonesia Pada semifinal Piala AFF 2021, Indonesia akan bertemu Singapura, Rabu (22/12) dan Sabtu (25/12). Semifinal lain Piala AFF mempertemukan Vietnam vs Thailand. (sry/ptr/Hr1)

 
Top