Kondisi banjir yang hampir melanda seluruh daerah di Pessel sangat memprihatinkan. Perlunya peningkatan kewaspadaan semua masyarakat agar tidak terjadi hal-hal buruk lainnya. Ist


Painan, Kupaspost.com- Hujan yang turun memgguyur bumi Allah, selama dua hari dua malam ini mengakibatkan genangan air ataupun banjir hampir melanda seluruh daerah, Jum'at (17/12/2021).

Sudah berhari-hari hujan lebat menguyur negeri sejuta pesona, sehingga sudah hampir diseluruh pelosok nagari dan kecamatan di Pesisir Selatan terkenah dengan musibah banjir dan termasuk dibeberapa tempat juga terjadi tanah lonsor, sehingga akses jalan tertutup.

Banjir melanda beberapa daerah di Kabupaten Pesisir Selatan mulai dari hulu hingga ujung daerahpun tak luput digenangi banjir. Mulai dari Kecamatan XI Tarusan hingga ke daerah BAB Tapan mengalami bajir terparah.  

Mendengar kabar banjir Jum'at siang kemaren, Camat Koto XI Tarusan YUDIANDRI. SY. SH. MSi langsung perintahkan seluruh staf kantor camat untuk membentuk Posko Siaga Banjir dan sampai saat ini beliau masih bersama warga yang rumahnya terendam banjir diakibatkan hujan yang tak kunjung berhenti semenjak kamis sore.

" Kita berharap dan berdo'a pada Allah SWT, semoga jadikan hujan yang melanda Pesisir Selatan dan sekitarnya sebagai curahan rahmat dan kasih sayang-Nya," ujarnya.

Selanjutnya, jika terjadi musibah banjir disekitar kita, muda-mudahan ini peringatan dari Allah SWT, dan menggiring kita untuk berpikir memberikan solusi yang terbaik, karena penomena banjir ini sudah rutin terjadi setiap musim penghujan.

Ia melanjutkan, saat ini sangat penting bagi kita untuk saling bergandengan tangan, saling meringankan saudara-saudara kita yang ditimpah musibah banjir ini, karena mereka saudara-saudara kita. Disamping itu, masyarakat yang tertimpa musibah banjir ini sangat berharap perhatian dari pemerintah baik pemerintah nagari, kecamatan, maupun penkab Pesisir Selatan.

Berdasarkan pantauan lapangan dan laporan berbagai media sosial terlihat jelas genangan banjir terparah didaerah Tapan dan Tarusan. Air yang mengenang sehingga dada orang dewasa. Perlu kewaspadaan dan kesiapsiagaan semua agar hal- hal buruk tidakkan terjadi. (Hr1)

 
Top