Bayi mungil berjenis perempuan ditemukan oleh warga, saat ini bayi tersebut dibuang oleh orang tua yang tak bertanggung jawab. Saat ini bayi tersebut sedang dirawat di Puskesmas Inderapura untuk perawatan. Dok.ist


Pessel, Kupaspost.com- Warga Inderapura, Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan digemparkan dengan penemuan Bayi berjenis perempuan terletak di terus rumah salah seorang warga. Seperti di unggah lave vidio oleh Roza Erawanto, Senin (10/1/2022) dan saat ini si bayi berada di Puskesma Inderapura untuk mendapatkan perawatan.

Berikut kronologi ditemukan dan Penjelasan Terkait Adopsi anak tersebut, Penemuan bayi perempuan tersebut di teras rumah Marlis Candra, panggilan Saih Buyung. Ketika anjing peliharaannya menggonggong, karena merasa curiga istrinya yang bernama Nurilas bangun, karena hari masih gelap Nurilas membangunkan anaknya yang bernama Lidia ingin melihat keluar rumah.

Sesampai Nurilas dan anaknya dipintu depan rumah dan membukanya lansung melihat seorang anak bayi tanpa kain dengan posisi terlentang berjenis kelamin perempuan, dan akhirnya Nurilas bersama anaknya membawa sang bayi kedalam rumah dan memberikan pakain atau dibedung dan memberitahukan kepada suaminya selanjutnya diberi susu.

Pada pukul 12.15 Wib, Wali Nagari Simpang Lama Inderapura menyampaikan hal tersebut kepada Bhabinkamtibmas, Aipda Mardi Yusuf bahwa adanya pembuangan bayi jenis perempuan diteras rumah warganya.

Sementara itu, Wakapolsek Pancung Soal, IPTU Darmawangsa setelah mendapatkan informasi dari pemerintah nagari dan pihak kecamatan mendatangi bersama kerumah keluarga penemu bayi tersebut.

Menurut keterangan dari Wakapolsek, kami bersama-sama kelokasi kemudian membawa anak tersebut Kepuskesmas Inderapura untuk dilakukan Visum luar dan dari hasil kordinasi dengan pihak Puskesmas Indrapura bayi dalam keadaan sehat dan tidak ada ditemukan tanda-tanda kekerasan di tubuh sang bayi.

" Untuk sementara bayi perempuan tersebut dirawat di Puskesmas Inderapura untuk menunggu konfirmasi selanjutnya dengan Pihak Departemen Sosial Pesisir Selatan. Namun, keluarga penemu bayi juga berkeinginan untuk mengadopsi bayi tersebut. Akan tetapi kami jelaskan kepada pihak keluarga untuk berkoordinasi dulu dengan pihak Depsos, karena untuk hak asuh tentulah ada ketentuannya, akhirnya Alhamdulillah keluarga memahami," terang Wakapolsek.

Terkait siapa si pemilik bayi tersebut, Polsek Pancung Soa lakukan penyelidikan apa modus sampai menelantarkan bayi perempuan tersebut.(*)

 
Top