Ketapang, (Kalbar)
Perihal permohonan penanganan terkait abrasi pantai Sungai Tengar Bupati Ketapang Martin Rantan SH. M.Sos melayangkan surat tertuju kepada dua perusahaan besar yang beroperasi di wilayah Kecamatan Kendawangan yakni PT.WHW-AR dan PT.BGA untuk partisipasi nyata dari dunia usaha dalam rangka penanganan abrasi pantai.


Dalam isi suratnya menyatakan dengan memperhatikan kondisi pantai Sungai Tengar yang sudah memprihatinkan akibat terjadinya abrasi karena pengikisan daerah pantai oleh gelombang dan arus laut sehingga mengakibatkan berkurangnya daerah pantai. Jika dibiarkan abrasi akan menggerogoti bagian pantai sehingga akan terjadi longsor yang mengakibatkan terputusnya badan jalan. Kondisi sekarang jarak antara badan jalan  kurang 1,2 meter, sepanjang lebih kurang 75 meter.


Untuk itu guna mencegah abrasi pantai yang lebih parah perlu adanya pengamanan badan jalan sebagai prasarana transportasi darat, dimohon partisipasi nyata dari dunia usaha yang ada di wilayah Kecamatan Kendawangan untuk berperan aktif dalam penanganan abrasi pantai tersebut. Sebagai bahan untuk pelaksanaan dilampirkan perencanaan penanganan abrasi pantai dengan metode susunan kantong pasir.


Surat tersebut langsung ditandatangani Bupati Ketapang Martin Rantan SH. M.Sos tertanggal 26 November 2021.


 *Efyus*

 
Top