Lhokseumawe,-
Munculnya berbagai permasalahan di internal polri di beberapa daerah belakangan ini dengan berbagai kasus di tengah masyarakat membuat publik mempertanyakan makna semboyan presisi dari kapolri. 


Karna seharusnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) merupakan kewajiban Polri, yang memang syarat pokok menjaga institusi kepolisian sebagai mitra dan pelindung masyarakat. 


Namun wilayah hukum Polres Lhokseumawe, yang saat ini dipimpin oleh AKBP Eko Hartanto SIK MH sangat berbeda, ia mampu Mengejewantahkan makna presisi polri yang sesungguhnya, sosok kapolres ini telah banyak membantu masyarakat di wilayah tempat perwira polisi itu bertugas.


Selain berfungsi sebagai mitra masyarakat, sejak bertugas di kota Lhokseumawe berdasarkan Surat Telegram Kapolri tanggal 1 Mei 2020 bernomor ST/1337/V/KEP/2020, AKBP Eko Hartanto menambah Indeks kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian, melalui tempat ia bertugas (Kota Lhokseumawe).


Peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian, khususnya di wilayah hukum kota Lhokseumawe ini, ditandai dengan kemitraan Polres Lhokseumawe kepada organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan, para ulama, dan juga elemen lainnya.


Hal itu bukan tanpa dasar, sejak pemberlakuan vaksinasi oleh pemerintah pusat, dan juga perintah Kapolri agar Polri membuat gerai vaksinasi gratis, Kapolres Lhokseumawe langsung menjalankan perintah orang nomor satu di kepolisian itu, salah satunya dengan cara menggelar ‘Vaksinasi Tamoeng Dayah’, didayah Darul Ulum Al Munawwarah, sembari menyaksikan vaksinasi Ketua Majelis Permusyawaratan ulama (MPU) Lhokseumawe, pada tahun sebelum nya yakni 7 Juni 2021.


Tak hanya itu, setiap Polsek masing-masing juga telah membuka gerai vaksinasi gratis untuk masyarakat, bahkan ada hal unik dilakukan dalam mencuri perhatian masyarakat agar mau melakukan vaksinasi, vaksinasi selain gratis juga diberikan sembako dan undian hadiah bagi masyarakat yang mau divaksin, untuk kota dengan masyarakat yang heterogen dilengkapi dengan berbagai permasalahan kompleks, belum lagi banyak masyarakat yang percaya akan berita hoax/bohong tentang bahaya vaksinasi, namun di tangan dingin sosok kapolres ini, presentase vaksinasi di kota Lhokseumawe cukup drastis dan signifikan, untuk Dosis 1= 102% dan dosis 2= 42 %.


AKBP Eko hartanto menunjukkan teladan, bahwa tanpa memaksa masyarakat, dilakukan dengan pendekatan persuasif dan harmonis, masyarakat akan mau dengan sendirinya untuk menjaga diri dari virus COVID-19 melalui vaksinasi, bahkan pada hari Jum'at, tanggal 25 Februari 2022 lalu, kapolri memberikan apresiasi langsung dalam bentuk piagam penghargaan dan seekor lembu ketika kunjungan kerjanya ke Aceh Besar kepada kapolres Lhokseumawe terhadap capaian peningkatan vaksinasi yang di dilakukan selama ini. 


Kemitraan Kapolres satu ini, juga dijalinnya juga kepada organisasi kepemudaan, menggandeng organisasi itu untuk menyalurkan bantuan sosial dari kepolisian kepada masyarakat, Seperti menggandeng organisasi Himpunan Mahasiswa Islam Lhokseumawe dengan membuka gerai vaksinasi di sekretariat insan cita HMI cabang Lhokseumawe-Aceh Utara, pada 31 Juli 2021 silam.


Keberadaan Perwira polisi satu ini kurang lebih hampir 2 tahun lamanya di kota Lhokseumawe telah banyak melakukan pencapaian, seperti upaya peningkatan stabilitas keamanan dengan ditandai dengan pengungkapan berbagai kriminalitas dikota Lhokseumawe, dari kasus Narkoba, pemerkosaan, pembunuhan dan banyak kasus kriminalitas lainnya. 


Gerakan dan gebrakan heroik AKBP Eko Hartanto ini, selain terus menjaga citra institusi kepolisian, ia juga menjadi pejuang kemanusiaan dengan program nya yang terkenal " Kue surga " Yakni program kemanusiaan dan sosial dengan memberikan bantuan kepada masyarakat yang tertimpa musibah, kurang mampu, yatim dan piatu baik dalam bentuk sembako, uang tunai, dan keperluan kebutuhan lainnya rutin setiap minggu. 


Sikap humanistik Kapolres Lhokseumawe selaras dengan gaya kepemimpinan Jenderal Pol Sigit Prabowo yang tetap menjaga ketegasan namun menampilkan sikap humanis dan kebijaksanaan. 


Salam presisi yang digagas oleh Jendral Pol Sigit Prabowo, yang berarti Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan telah di Ejewantahkan oleh AKBP Eko Hartanto selaku Kapolres Lhokseumawe.


Salah satu aset terbaik polri (Eko Hartanto) calon jendral masa depan, menunjang semangat anggota kepolisian resort Lhokseumawe dalam bertugas dan menebar kebaikan ditengah masyarakat, sehingga polri terlihat semakin dekat dengan masyarakat. 


Sosok kapolres satu ini pun sangat dekat dan sangat menghargai para ulama yang ada di Aceh khususnya Lhokseumawe, hampir setiap bulan ada saja agenda Perwira Polri ini silaturahmi dan menimba kepada para ulama, datang langsung ke pesantren atau rumah ulama sendiri, ini pula menjadi pembeda sosok kapolres ini.


AKBP Eko hahartanto salah satu aset terbaik Polri, sudah saatnya presisi Polri tersebut di bumikan di setiap daerah yang ada di Indonesia, Prestasi, Kedekatan dengan masyarakat dan ulama, merupakan modal utama saat ini, agar Polri terus maju, terus jaya, dan semakin dekat dengan masyarakat. 



Penulis

F. L

 
Top