Payakumbuh, Kupaspost.com- Wali Kota Riza Falepi menjadi motivator sekaligus mentransfer ilmu kepada pengunjung saat hadir dalam acara Hari Ulang Tahun ke 6 Kafe Gerobak Kopi, di Jalan Ade Irma Suryani, Simpang Benteng, Jumat (8/7).


Dalam kegiatan yang mengusung tema "Forever Young"  itu turut hadir Sekretaris Daerah Rida Ananda, Asisten III Ifon Satria Chan, Staf Ahli Elfriza Zaharman, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Nofriwandi, Kepala Dinas Perhubungan Devitra, Kepala Kantor Kesbangpol Dipa Surya Persada, Camat Payakumbuh Tumur Dewi Novita, Kabid Keselamatan Dan Pengendalian Operasional Dishub Yulhendri.


Wali Kota Riza Falepi mengucapkan selamat ulang tahun ke 6 kepada gerobak kopi, sudah melewati siklus try and fail, nantinya akan melewati masa ekspansi, harus bisa bersaing, cita-citakan lebih dari Starbucks.


"Saya sangat senang berkesempatan bertemu anak-anak muda yang energik dan penuh kreativitas," kata Riza.


Wali kota dua periode itu bercerita tentang Starbucks, yang hanya dari berjualan kopi saja, kalau dirupiahkan untungnnya mencapai 400 hingga 500 triliun pertahun. Riza membaca itu laporan keuangan 8 tahun lalu, 2014.


"Bisa dibayangkan, menurut aturan keuangan di Indonesia, dimana kantor pusat suatu perusahaan berada, disitu dia bayar pajak, 12 persen dari total pajaknya disharing dengan daerah itu. Bayangkan kalau Andre punya usaha seperti Starbucks, 12 persen dari total pajaknya untuk kota ini, Andre tentu berkontribusi besar terhadap pembangunan kota ini nantinya," kata Riza.


Di hadapan para generasi muda kota Payakumbuh dan pengunjung kafe itu, Riza juga mengungkapkan kalau setiap pengusaha harus sadar bahwa usaha mereka memiliki multiplier effect, banyak aspek yang dapat dipengaruhinya, apalagi pembangunan ekonomi.


"Bisnis yang bagus dan kreatif Saya siap bantu," ujarnya.


Riza menambahkan, daya beli Kota Payakumbuh sudah bagus, namun perlu tingkatkan lagi. Kalau daya beli seseorang sudah naik, maka beda lagi seleranya dalam berbelanja. Riza mengaku sudah banyak didatangi oleh orang yang berniat untuk berinvestasi, hal itu karena daya beli yang cukup tinggi di Kota Payakumbuh.


"Saya sediakan sistem pelayanan perizinan yang bagus, top nomor 1 di Indonesia. Hampir semua daerah di Sumatera belajar perizinan ke mal pelayanan publik di lantai 1 kantor wali kota," kata Riza.


Riza menyebut, makanya Pemda tugasnya melayani, terutama kepada pengusaha yang akan memberikan andil 80 persen terhadap perekonomian daerah. Riza mengajak pengusaha kafe dan restoran, serta pelaku UMKM untuk melayani dengan hospitality atau keramah tamahan, Kota Payakumbuh adalah kota persinggahan dan kota kuliner, harus bikin kota ini se nyaman mungkin.


"Bisnis itu banyak, anak-anak muda milikilah jiwa enterpreneur, bukan jiwa pekerja, karena pengusaha adalah hero, pahlawan karena mereka menekan angka pengangguran, mengangkat derajat orang lain. Saya sampaikan ucapkan terima kasih banyak telah membantu Saya mensejahterakan masyarakat kota ini," jelasnya.


"Jangan pesimis untuk mencoba berusaha, asalkan kita mau berusaha, harus ada yang terus berusaha membuka wawasan. Bangsa kecil tapi hebat, karena mereka menghasilkan suatu hal yang kreatif. Jangan berhenti berfikir menciptakan nilai tambah baru, pemikiran dan sistem baru," tambah politikus PKS itu.


Riza berkomitmen menjadikan kota ini sebagai Business Friendly, dengan telah dibuktikannya perizinan kota ini dinilai yang terbaik se Indonesia. 


"Kita tidak ingin yang berbisnis terganggu, kita ingin semua pengusaha di Kota Payakumbuh diperlakukan tanpa membeda-bedakan kelas usahanya, supaya Iklim investasi kita sehat dan kondusif," tutupnya.


Sementara itu, Andre selaku owner Gerobak Kopi menyampaikan kegiatan ini sudah dipersiapkan cukup lama, rangkaian ulang tahun herobal kopi ke 6, ide muncul bertepatan dengam kabar kalau wako yang akan habis masa jabatan kurang lebih 3 bulan lagi.


"Kami ingin mengambil ilmunya, Wako Riza Falepi selain mengelola kota, juga seorang pebisnis. Kami sampaikan apresiasi kepada wako atas kesediaan waktunya dan kepada semua teman-teman dan relasi yang selama ini mendukung keberadaan Gerobak Kopi," ujarnya.


Dijelaskannya, rangkaian acara HUT Gerobak Kopi yang ke 6 ini, pihaknya telah melaksanakan bagi-bagi kopi 600 cup di depan kantor pos, kemudian pada tanggal 11 Juli selama 1 minggu kedepan ada turnamen game mobile legend dengan 15 tim yang akan bertanding, juara 1 mendapat hadiah 5 juta. 


"Pada tanggal 12 Juli akan ada peformace band, bazar lokal kreatif, serta merchandise yang dibagikan untuk pengunjung di Gerobak Kopi III. Terakhir, pada tanggal 13 Juli adalah acara puncaknya dengan ada band lokal yang akan tampil dengan berbagai genre, serta banyak merchandise yang akan dibagikan di Gerobak Kopi Simpang Benteng," jelasnya. (JPP)

 
Top