Kapolsek Kuranji, Kompol Armijon, SH berbincang hangat dengan tokoh Kuranji Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM yang juga Ketua MPA KAN Kuranji, saat acara malam syukuran juara I Kampung Tageh. Sutan Malin Mudo


Padang, Kupas-news.com- Sosok dan kepiawaian Datuk Irwan Basir dalam memimpin serta mengayomi anak kemanakan maupun anak nagari Kuranji menuai pujian dari Kapolsek Kuranji, Kompol Armijon, SH. Secara spontan dengan mata yang berkaca-kaca dibarengi dengan suara yang agak serak memuji dan mengakui ketokohan Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM, di Nagari Pauh IX Kecamatan Kuranji pada khususnya dan Kota Padang pada umumnya.

Hal itu diutarakan oleh Kompol Armijon saat acara silaturahmi dan malam syukuran di Komplek Belimbing Delima, Blok A, Minggu malam (23/8/2020). Diakuinya, Dt. Irwan Basir sudah dianggap seperti kakak kandungnya sendiri. Sebab, orang tua Dt. Irwan Basir cukup banyak membantu keluarganya sejak dahulu.

Ia melanjutkan, sampai saat ini jiwa yang ada pada orang tua Datuk persis sama terpatri dijiwa Datuk IB sendiri, buktinya selama ini kami melihat jiwa kepemimpinan, kepedulian sosial dan kesetiakawanan beliau menjadi pembelajaran bagi kami. Selanjutnya, dalam mengayomi anak kemanakan jika ada persoalan hukum, bisa beliau selesaikan secara musyawarah.

"Jujur saya akui, sudah 2 tahun 2 bulan saya mengabdi sebagai kapolsek di sini, kontribusi dan pengaruh beliau sangat luar biasa. Makanya wajar beliau saya jadikan kapai tampek batanyo kapulang tampek babarito," ungkap Armijon.

Armijon menambahkan, ketika saya bilang pada orang tua bahwa saya di tugaskan sebagai Kapolsek Kuranji, orang tua saya langsung menyarankan untuk menemui beberapa tokoh. Salah satunya adalah keluarga bapak Dt. Irwan Basir, ucapnya dengan jujur.

" Pesan orang tua saya, jika kamu tugas di Kuranji, maka orang yang pertama ditemui ialah Datuk Irwan Basir. Sebab, dahulunya jasa orang tua Datuk sangat banyak kepada keluarga kita," Pungkas Armijon dengan nada suara agak serak menahan haru.

lanjut Armijon, orang tuanya juga pernah bercerita bahwa antara orang Solok (kampung halamannya, red) dengan orang Kuranji punya hubungan history. Sebab, nenek moyang orang Kuranji berasal dari Solok.

" Karena hubungan sejarah itulah maka saya merasa Kuranji ini sudah seperti kampung saya sendiri," tutur pria yang juga menyandang gelar datuk di kampungnya Tanah Garam Kota Solok.

Terkait kegiatan lomba kampung tangguh atau 'kampung tageh rumah gadang 2020' yang dimenangkan Kelurahan Kuranji, Komplek Delima Blok A Perumnas Balimbiang itu, menurut Armijon bukanlah karena kehebatan dirinya tapi berkat kerja keras seluruh elemen masyarakat yang ada di Kuranji. Terutama, semangat Ketua pembina Datuk Irwan Basir dan Inisiatornya Datuk M. Fikar benar-benar terjun bersama, goro bersama dan bekerja sama, bebernya.

"Terus-terang, yang hebat itu masyarakat dan tokoh Kuranji. Saya hanya ikut numpang tenar saja sebagai kapolsek," ujar Armijon merendah.

Ditambahkannya, jika tidak didukung Irwan Basir Dt. Rajo Alam (Ketua MPA KAN Pauh IX), M Fikar Dt. Rajo Magek (Ketua BMPN Pauh IX), Camat Kuranji, Lurah Kuranji, Ketua RT dan RW serta seluruh lapisan masyarakat, tak mungkin prestasi seperti ini bisa diraih.

" Untuk itu, dari lubuk hati paling dalam saya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Kuranji, semoga prestasi ini dapat kita pertahankan di masa-masa mendatang dan menjadi percontohan bagi daerah lainnya," tukasnya mengakhiri. (noa/hr1)
 
Top