Penampilan Group Indang Tunas Muda Baringin Sakti Kabupaten Solok tampil di pagelaran EKRAF 2020. Suksesnya acara pagelaran ini berkat kerja keras Indra Mairizal, SE dan Erman Jamal, ST. Sutan Malin Mudo


Sumbar, Kupas-news.com- Group Kesenian Indang Tunas Muda Baringin Sakti, Kinari Kabupaten Solok ambil bagian mengisi ruang dalam pertunjukan pagelaran karya ekonomi kreatif pada, Sabtu malam (24/10/2020) atau pekan dan penampilan ke-25 di Panggung Medan Nan Bapaneh KAN Kuranji-Padang, Sumatera Barat.

Disampaiakan oleh Syahril Rajo Mudo Ketua Indang Tunas Muda Baringin, group Indang ini berdiri tahun 2014 dan diisi oleh anak-anak kami seangkatan SLTP dan SLTA. Tujuannya, untuk menjauhkan anak generasi muda anak nagari Kinari dari pengaruh penyakit masyarakat dan pergaulan bebas.

" Group Indang ini sudah pernah tampil di Kayu Aro, Singkarak. Bahkan juga pernah tampil di Jakarta atas undangan Kerukunan Warga Kinari," ujar Syahril

Syahril menambahkan, Group Indang Tunas Muda  juga pernah menjuarai di Kabupaten Solok bahkan kami cukup ngetop di Solok,  terangnya.

" Mudah-mudahan dinas kebudyaan dan pariwisata bisa menghidiupkan segala kesenian yang ada di setiap nagari yang ada di Sumbar ini. Terakhir, kami mohon juga diperhatikan untuk biaya latihan atau pembinaan. Sebab, selama ini ketika latihan para guru-guru hanya panggilan jiwa untuk melatih dan tidak pernah dibayar sedikitpun," Harap Syahril lagi.

Syahril melanjutkan, dengan tampil di Padang ini kami merasa bangga di undang dan ini sebagai penyemangat juga motifaai bagi anak-anak. Mudah-mudahan tahun selanjutnya bisa diadakan lagi, pintanya.

Group kesenian Indang Tunas Muda Baringin Sakti diisi oleh anak-anak generasi muda laki-laki dan perempuan sebanyak 25 orang.

Bagusnya lagi, meskipun ditengah guyuran hujan, anak group kesenian Indang Tunas Muda tetap semangat dan antusias memainkan alat musik dan menampilkan  unjuk kebolehannya dihadapan audience.

Dikatakan penanggung jawab kegiatan Erman Jamal, ST yang Juga Ketua IPSI Kuranji, pagelaran ini diadakan selama tiga bulan penuh, selama pelaksanaan kegiatan alhamdulillah berjalan lancar dan sesuai dengan harapan kita bersama.

" Terimakasih kami ucapkan kepada Dinas Pariwisata Sumbar ataa perhatian penuh dan selalu hasir mendampingi selama kegiatan. Juga, kepada anggota DPRD Sumbar Evi Yandri RJB atas kepeduliannya mengangkat pagelaran adat, seni dan budaya ini melalui dana pokirnya," terang Erman yang juga Ketua Harian FKAN Pauh IX ini.

Erman Jamal menambahkan, jika tidak ada rintangan, penutupan nantinya pada 31 Oktober 2020. Kita berharap cuacanya bagus pas dipenutupan, selain itu, kami juga menghimbau kepada masyarakat Kota Padang mari ramekan malam puncak atau penutupan Pagelaran ini, pungkas Erman sembari mengajak.

" InsyaAllah saat penutupan nantinya di hadiri oleh Kadis Pariwisata Sumbar. Selain itu, malam puncak juga masih diiringi oleh penampilan kesenian Sanggar Minang Saiyo Lapau Munggu Kuranji," pungkas Erman Jamal yang biasa disapa En.

Sementara itu, Ketua Panitia pagelaran Indra Mairizal, SE mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah menyukses kegiatan pagelaran ini.

" Semoga nanti kegiatan ini terus berlanjut diadakan setiap tahunnya. Selain memperkenalkan nilai seni dan budaya kepada generasi muda. Lebih utamanya ialah, sebagai pengenalan tradisi kearifan lokal daerah masing-masing. Kemudian, untuk mewarisi nilai warisan budaya nenek moyang kepada anak generasi muda," imbuh Indra Mairizal. (hr1)

 
Top