Payakumbuh - Kupaspost.com -   Salah satu bentuk kontribusi Radio Safasindo dalam memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2021 adalah menggelar Talk Show Marandang bertema HPN bersama insan pers, budayawan, dan juga Wakil Wali Kota Erwin Yunaz, Rabu (10/2).


Wakil Wali Kota Erwin Yunaz menyikapi peran pers di pemerintahan. Dari perspektif Wawako, dirinya lebih melihat bagaimana potensi bagi pers kedepan. Bagaimana kemampuan insan pers dengan pemerintahan sama-sama bangkit dari keterpurukan kondisi pandemi saat ini, merebut kembali ekonomi yang terseok-seok. 


"Ini yang harus kita fokuskan. Bagaimana pemikiran ini kita satukan. Selama ini di kota Payakumbuh sudah terjalin kerjasama yang baik. Ada ide-ide dari insan pers, seperti dalam Musrenbang, insan pers ikut punya ide, bagaimana kita bangkit dari kondisi saat ini," kata Erwin Yunaz. 


Wawako menyampaikan ada pesan dan kesan HPN. Pers dan pemerintah sudah sejalan. Saat ini, pemerintah kota memerlukan insan pers yang bisa menyalurkan energi yang besar untuk mempromosikan kota ini.


"Ini kemitraan yang kita inginkan. Untuk kita kuat bersama sama. Berlari bersama insan pers, mempromosikan City of Randang," harap Wawako.


Ketua Balai Wartawan Arfidel Ilham menyampaikan sebagai bentuk inisiatif dalam HPN 2021, kawan-kawan Balai Wartawan (BW) menilai sektor ekonomi akibat pandemi menjadi yang paling terdampak. Jadi muncul ide untuk mengunjungi para keluarga almarhum wartawan di Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. 


"Dari berbagai donasi dari donatur, kita membagikan masker dan hand sanitaizer untuk keluarga almarhum wartawan yang dikunjungi. Ini mungkin hal kecil yang menurut kami bisa bermakna bagi keluarga-keluarga mantan wartawan," kata Arfidel.


Kedepan, kata Arfidel, BW ingin memberi penghargaan kepada mantan wartawan atau keluarga wartawan.


"Mohon dukungan dari pemerintah, agar kemitraan ini akan lebih intens, tanpa mengurangi nilai kritis. Tanggapan keluarga almarhum wartawan senior kebanyakan prihatin dengan kondisi saat ini, bahkan ada yang kondisi ekonominya memprihatinkan. Ternyata dari kegiatan ini ada hal yang luar biasa. Menyentuh, dan kita melihat mungkin ada nanti yang bisa kita bantu," kata Arfidel.


Arfidel Ilham menambahkan, bagaimana harapan kedepan bangkit dari sisi ekonomi wartawan itu sendiri. Profesi wartawan itu bukan mencari kaya. Pers itu sebuah panggilan jiwa, namun demikian dirinya berharap kesejahteraannya perlu diperhatikan.


"Kita juga berharap kepada media dapat upah layak untuk profesinya. Kedepannya bangkit dari pandemi ini kita bisa membentuk usaha. Misalnya koperasi wartawan, wartawan entepreneur," ujarnya. 


Sementara itu, Budayawan Yulfian Azrial menyebut setiap kali HPN, bagi masyarakat sebenarnya banyak dimensi yang bisa lihat. Sejarah pers itu tidak terlepas dari Luak Limopuluah. Bukan hanya pers sekarang, tapi dari dahulu. Penggagas pers itu dari dulu dari Payakumbuh, ada Pak Ojong, pendiri Tempo, sampai sekarang juga masih banyak jurnalis-jurnalis itu berasal dari minang.


"Tidak ada salahnya di Payakumbuh dibangun musium pers. Banyak yang bisa kita maknai.  

Karena banyak tokoh-tokoh jurnalis yang lahir di Luak Limopuluah. Kepada masyarakat dan birokrat, apa yang dimunculkan tokoh ini jadi catatan-catatan bagi kita," ujarnya. 


Yulfian yang juga penulis buku tersebut menyampaikan dirinya sudah lama menulis bagaimana wartawan yang hartawan. Bagaimana orang-orang yang menguasai informasi tidak bisa berbuat. 


"Wartawan itu bukan hanya wartawan politik saja, ada wartawan pertanian, ada banyak peluang di depan mata kita. Bagaimana kita juga masuk ke birokrasi untuk memperjuangkan ini. Yang menarik, ketika enam tahun yang lalu. Limapuluh Kota dapat penghargaan KIM. Yang perlu kita cermati, kita bisa memangkas biaya promosi," tukuknya.


Dari talk show malam itu, masing-masing unsur, ada keinginan kuat dari pemerintah, pers, dan masyarakat untuk bisa saling berangkulan, untuk bangkit dari keterpurukan di tengah pendemi yang entah kapan usainya. Semangat baru, tugas pers untuk menyambung informasi. Kita juga harus berani melihat wajah pers kita. Mudah-mudahan pers Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota bisa berkilau. (JPP)

 
Top