Ketua MPA Kuranji Pauh IX Irwan Basir, SH, MM didampingi Ketua Kongsi Kematian PAY Koto Tingga Marwan dan Ketua Kongsi Kematian Kelok Badunsanak menyerahkan kunci bedah Rumah di Koto Tingga. @rie Sutan Malin Mudo


Padang, Kupaspost.com- Tokoh kharismatik dan peduli sosial kemasyarakatan Kuranji, Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM serahkan kunci rumah Zamzami warga Koto Tingga, Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji, Minggu (5/12/2021) sore.

Tak terbendung, saat menerima kunci rumahnya dari tokoh Kota Padang, yang usai dibedah dan siap ditempati matanya berkaca-kaca air matanya berurai keluar salah satu bentuk rasa syukur dan ucapan terimakasihnya.

Dalam sambutannya, saat pemberian kunci rumah, Irwan Basir beramanat jadikanlah rumah ini sebagai "Baiyati wa Jannati" dan menjadi rumah yang selalu diberkahi oleh Allah SWT.

Dt IB melanjutkan, Kita juga mengucapkan kepada kelompok Kongsi Kematian Kelok Balimbing dan Koto Tingga atas keseriusan dalam mengurus habluminnasnya. Sehingga, rumah yang awalnya tidak layak huni dan sekarang layak untuk ditepati.

" Selama ini Kongsi kematian hanya mengurus orang mati. Namun, kongsi ini juga mampu melakukan bedah rumah. Bahkan ini sudah yang kedelapannya. Artinya, tidak hanya mengurus fardu kifayah. Tapi juga melakukan bedah rumah," pungkasnya.

Kedepan, ini patut menjadi contoh bagi kongsi-kongsi lain yang ada di Kota Padang. Kita bisa, kita mampu jika rasa kebersamaan dan rasa kepedulian sosial yang apa bila kita tanamkan pada diri masing-masing. Maka, akan menjadi kebahagiaan bagi orang yang membutuhkan.

" Semoga menjadi amal jahiriah bagi donatur dan menjadi kebahagiaan bagi pemilik rumah," tambah Datuk IB lagi.

Sementara itu, Kabid Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Amriman, MM mengatakan, kita patut berterimakasih atas perhatian dan kepedulian tokoh masyarakat Kuranji dan Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, dan kita tahu kiprah juga kepedulian beliau membantu masyarakat kurang mampu di Kota Padang.

" Kongsi ini salah satu budaya sosial yang erat korelasinya dengan nilai-nilai religius, ini patut kita lestarikan," pungkasnya.

Zamzami pemilik rumah mengucapkan rasa terimakasih kepada Datuk Irwan Basir atas sumbangsih dan kepeduliannya terhadap kami. Juga kepada seluruh kelompok kongsi yang tak kenal lelah membantu sehingga selesainya rumah kami.

Acara penyerahan kunci peresmian bedah rumah di hadiri oleh Kepala Bidang Pendidikan dan Kebuyaan Kota Padang Amriman juga dihadiri Kelompok Kongsi kematian Kelok Kuranji Belimbing dan Kelompok Kongsi Kematian Koto Tingga.

Terakhir acara dilanjutkan dengan do'a dan makan bersama sebagai wujud rasa syukur keharibaan Allah SWT. (Hr1)

 
Top